Selasa, 27 April 2010

TUGAS 7

1. Perbedaan antara keputusan dan pengambilan keputusan
Jawab : 
Keputusan adalah suatu reaksi terhadap beberapa solusi alternatif yang dilakukan secara sadar dengan cara menganalisa kemungkinan - kemungkinan dari alternatif tersebut bersama konsekuensinya.Setiap keputusan akan membuat pilihan terakhir, dapat berupa tindakan atau opini. Itu semua bermula ketika kita perlu untuk melakukan sesuatu tetapi tidak tahu apa yang harus dilakukan. Untuk itu keputusan dapat dirasakan rasional atau irrasional dan dapat berdasarkan asumsi kuat atau asumsi lemah.Pengambilan keputusan adalah tindakan menentukan pilihan di antara opsi-opsi yang ada.
sedangkan  Pengambilan keputusan dapat dianggap sebagai suatu hasil atau keluaran dari proses mental atau  kognitif yang membawa pada pemilihan suatu jalur tindakan di antara beberapa alternatif yang tersedia. Setiap proses pengambilan keputusan selalu menghasilkan satu pilihan final. Keluarannya bisa berupa suatu tindakan (aksi) atau suatu opini terhadap pilihan.

2. Sebutkan dan jelaskan proses pengambilan keputusan ?
Jawab : 
A. Identifikasi masalah : Memahami atau mengerti masalah apa yang   sedang dihadapi.
B. Analisis lingkungan yang relevan : Meneliti lingkungan sekitar dari masalah yang dihadapi.
C.   Mengembangkan alternatif keputusan : Memperbanyak jalan pilihan untuk mengambil keputusan.
D .  Memilih alternatif yang baik : Memilih pilihan yang sesuai dengan tujuan dari pengambilan  keputusan.
E .  Melakukan implementasi :  Menerapkan atau melaksanakan hasil keputusan tersebut.
F .  Memonitor keputusan : Mengawasi apakah hasil keputusan berjalan dengan baik atau tidak.

3. Menurut pendapat saudara mana yang lebih baik, mengambil keputusan sendiri atau mengambil keputusan  secara kelompok ? jelaskan !
Jawab : 
Menurut saya pengambilan keputusan yang terbaik adalah dengan cara mengambil keputusan secara sendiri. karena dengan adanya pemikiran kita yang sendiri tanpa banyaknya suara. Dengan itu kita bisa memikirkan dengan sematang-matang nya  tanpa ad nya hasutan dari sesorang yang membuat Susana menjadi lebih rumit.

4. Mengapa setiap orang yang membuat suatu keputusan selalu dihadapkan dengan kondisi certainly risk dan uncertainly, jelaskan pendapat saudara ?
Jawab : 
• Certainly : Nilai-nilai individu pengambil keputusan merupakan keyakinan dasar yang digunakan seseorang jika ia dihadapkan pada permasalahan dan harus mengambil suatu keputusan. Nilai-nilai ini telah tertanam sejak kecil melalui suatu proses belajar dari lingkungan keluarga dan masyarakat. Dalam banyak keadaan individu bahkan tidak berfikir untuk menyusun atau menilai keburukan dan lebih ditarik oleh kesempatan untuk menang.
• Risko : kurangnya kendali atas hasil tindakan dan menganggap bahwa si pengambil keputusan memiliki pengetahuan hasil tindakan walaupun ia tidak dapat mengendalikannya. Lebih sulit membuat keputusan dibawah ketidakpastian dibanding dibawah kondisi bahaya. Dibawah ketidakpastian si pengambil keputusan tidak memiliki dasar rasional terhadap pilihan satu strategi atas strategi lainnya.
• Uncertainly : Beberapa pengambil keputusan memiliki suatu orientasi ideologi tertentu yang berarti keputusan dipengaruhi oleh suatu filosofi atau suatu perangkat prinsip tertentu. Sementara itu pengambil keputusan atau orang lain mendasarkan keputusannya pada suatu yang secara politis akan meningkatkan kekuasaannya secara pribadi. Sehingga hal hal ini yang membuat adanya ketidak percayaan diri dalam mengambil keputusan dan menyebabkan seseorang merasa ragu dan tidak yakin akan keputusan yang akan diambilnya.


Tidak ada komentar:

Cari Blog Ini