Selasa, 06 November 2012

Tugas 4


Demo Mahasiswa

ᴥ Definisi
Demonstrasi atau unjuk rasa menurut kamus besar Bahasa Indoesia adalah pernyataan proter yang dikemukakan secara masal.
Unjuk rasa atau demonstrasi (”demo“) adalah sebuah gerakan protes yang dilakukan sekumpulan orang di hadapan umum. Unjuk rasa biasanya dilakukan untuk menyatakan pendapat kelompok tersebut atau penentang kebijakan yang dilaksanakan suatu pihak atau dapat pula dilakukan sebagai sebuah upaya penekanan secarapolitikolehkepentingan kelompok.
Unjuk rasa atau demonstrasi (”demo“) sesungguhnya sih sulit untuk mengecap mana yang baik dan mana yang tidak baik, tapi citra demo sendiri untuk saat ini mulai kurang seperti kehilangan jiwanya dalam mengeluarkan aspirasinya, lebih banyak kurangnya dari pada mengena untuk dapat tujuanya

ᴥ Penyebab
        Unjuk rasa atau demonstrasi (”demo“) umumnya dilakukan oleh kelompok mahasiswa yang menentang kebijakan pemerintah, atau para buruh yang tidak puas dengan perlakuan majikannya. Namun unjuk rasa juga dilakukan oleh kelompok-kelompok lainnya dengan tujuan lainnya. Adanya provokasi. Sikap para demonstran yang menganggap pendapat mereka paling benar.

ᴥ Seperti apa demo yang baik
         Sekarang sudah bukan zamannya lagi mahasiswa berteriak-teriak secara lugas meminta kebijakkan dibijakkan. Tidak malukah mereka dengan para pendahulu yang berjuang? Yang awalnya dengan bambu runcing dan kekerasan, kemudian beralih pada cara berjuang yang lebih terpelajar, dengan pikiran dan politik yang terstruktur rapi. Kaum pelajarnya mengekspresikan suara hati melalui tulisan dan karya menakjubkan. Mereka juga mengadakan kongres yang damai, yang membuahkan hasil signifikan seperti sumpah pemuda. Itulah masa kebangkitan nasional.Kebangkitan manusia Indonesia dari keterpurukan ilmu. Titik semakin cerahnya kemerdekaan bangsa. Harusnya budaya berpikir yang demikianlah yang dikembangkan oleh mahasiswa sekarang. Contoh, untuk menolak korupsi, mereka harusnya juga memikirkan bagaimana caranya agar aksi berarti, mengena sasaran dan membuat perubahan. Jadi, bukan asal demo yang penting ramai dan melampiaskan amarah.
Proteslah kebijakan yang kurang bijak dengan karya yang luar biasa. Jika ingin menyampaikan aspirasi bersama-sama, persiapkan argument dan strategi dengan baik, rapi dan terstruktur. Bukan sekedar suara, spanduk dan emosi. Persiapkan, agar tidak mengganggu kepentingan umum yang tidak harus terganggu.

ᴥ Seperti apa tanggapan yang di inginkan
Seharusnya Aksi Demo Sebaiknya Damai dan Simpatik.
“Pada prinsipnya setiap manusia itu baik dalam bentuk kelompok dan masyarakat selalu ingin didengar, disapa dan diayomi.”
Salah satu cara menanggapi demo dengan cara di dengarkan, dan sama-sama mencari solusinya. Tidak ada pihak yang di kecewakan satu sama lain. Semua dilakukan dengan kepala dingin, dengan cara musyawarah.

ᴥ Solusi
Tidak mencari masalah baru
Dibicarakan secara musyawarah dan mufakat
Dibicarakan dengan kepala dingin
Tidak semaunya sendiri
Tidak anarkis
Mematuhi aturan yang sudah ada,dalam artian aturan yang memang benar(sesuai)               

Tidak ada komentar:

Cari Blog Ini