Sabtu, 23 Oktober 2010

JAVA

Pengertian Java
java adalah sebuah teknologi yang diperkenalkan oleh Sun microsystem pada pertengahan tahun 1990. menurut devinisi dari Sun, java adalah nama untuk sekumpulan teknologi untuk membuat dan menjalankan perangkat lunak pada komputer standalone ataupun pada lingkungan jaringan. kita lebih menyukai menyebut java sebagai sebuah teknologi dibandinghanya sebuah bahasa pemrograman, karena java lebih lengkap dibanding sebuah bahasa pemrograman konvensional. Teknologi java memiliki tiga komponen penting yaitu:
1.  Programming-language specification
2.  Application-programming interface
3.  Virtual-machine specification


Perbedaan Java dan C++
"Java lambat, c++ cepat"
"Java bahasa tingkat tinggi, c++ juga"
C++ dirancang terutama untuk sistem pemrograman.


Java telah dibuat pada awalnya untuk mendukung jaringan komputer. ia tergantung pada mesin virtual yang aman dan sangat portable.

C++ memungkinkan anda untuk menentukan operator, dan melakukan operasi pada kasus class anda. Akibatnya, ini memungkinkan untuk memper luas sintaks dari bahasa. Hal ini disebut overloading.


Java tidak mengijinkan overloading

C++ :
Mendukung beberapa metode pewarisan dari beberapa class / multiple inheritance.

Java : Hanya bisa mewariskan satu class

Komponen dan Struktur file.Java
1.  Obyek
Merupakan kesatuan entitas (benda), baik yang berwujud nyata ataupun hanya suatau system atau konsep yang memiliki karakteristik dan fungsi. Obyek ini merupakan bagian terkecil dari OOP.OOP dikenal lebih natural karena pemodelannya lebih mendekati sama kehidupan nyata.

2.  Klas
Adalah pemodelan dari obyek yang berisi informasi tengtang karakteristik dan fungsi yang dimiliki oleh suatu obyek. Dengan kata lain klas merapakan wajah yang berisi abstrkasi/pemodelan dari suatu onyek yang mendeskripsikan data/karakteristik dan fungsi. Karena klas merupakan wadah, jadi dalam membuat program nantinya, sebelum membuat obyek, kita harus terlebih dulu membuat klasnya.


3.  Instans
Obyek merupakan instans/perwujudan dari suatu klas. Proses membuat/relisasi obyek dari suatu klas disebut instansitasi. Contoh ada klas mehasiswa, obyek Aku, Kamu. Ada klas karyawan obyeknya PakA, PakB, PakC dsb.

4.  Data/Variabel/Properti
Adalah karakteristik yang dimiliki oleh suatu obyek. Contoh Mahsiswa punya property NIM, Nama, Alamat, Angkatan.

5.  Method/Prosedure/Fungsi/behaviour
Merupakan suatu fungsi yang dimiliki oleh suatu obyek yang akan mengolah atau melakukan proses terhadap suatu atribut atau variabel.

Tidak ada komentar:

Cari Blog Ini