Selasa, 21 Mei 2013

Visual Basic



  1. Tentang Visual Basic

  2. Visual Basic adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang merupakan pengembangan dari bahasa BASIC versi DOS. BASIC (Beginners’ Allpurpose Symbolic Instruction Code) merupakan bahasa pemrograman yang mudah untuk dipelajari. Perintah-perintahnya mirip dengan penggunaan bahasa sehari-hari (Inggris). Perusahaan-perusahaansoftware memproduksi bahasa BASIC dengan versi yang berbeda seperti Microsoft QBASIC, QUICKBASIC, GWBASIC dan IBM BASICA.
    Perbedaan antara Visual Basic dengan bahasa BASIC adalah pemrograman BASIC masih berorientasi pada text dan program dieksekusi secara berurutan. Untuk itu bahasa BASIC disebut sebagai Interpreter. Sedangkan dalam Visual Basic dengan lingkungan grafiknya, pemrograman berorientasi object dan sudah merupakan compiler. Visual Basic program terdiri dari banyak sub program (prosedur), dimana setiap prosedur mempunyai kode tersendiri dan dapat dieksekusi sendiri dan pada saat yang bersamaan dapat digabungkan menjadi satu.
  3. Visual Basic Environment

  4. Pada saat dibuka, Visual Basic 6.0 akan menampilkan dialog box seperti yang tampak pada gambar 2.1. Anda dapat memilih project baru, membuka project yang sudah ada atau membuka project yang pernah dibuka.
    New Project Bab 1   Pengenalan
    Gambar 1.1 New Project
    Project adalah kumpulan dari file untuk membentuk aplikasi yang kita buat. Ada beberapa type aplikasi yang dapat kita buat, akan tetapi kita hanya memfokuskan pada Standard EXE saja. Sekarang coba anda pilih Standard EXE icon untuk memasuki Visual Basic Environment.
    Visual Basic Environment Bab 1   Pengenalan
    Gambar 1.2 Visual Basic Environment
Dalam gambar 2.2 Visual Basic Enviroment  terdiri dari:
  1. Form Designer adalah tempat untuk mendesain aplikasi
  2. Code Window adalah tempat untuk mengetikkan code – code
  3. Project Explorer adalah Tampilan daftar file yang telah dibuat (Form, Module, dll)
  4. Propertis Window adalah yang menampilkan propertis/karakteristik objek
  5. Toolbox adalah tempat kontrol / objek yang digunakan untuk mendesain form
  • Form Designer
  • Form adalah bagian dari project yang digunakan untuk mendesain tampilan yang merupakan tampilan antar muka program. Form juga digunakan untuk menampilkan label, textbox, grafik dan kontrol/objeklainnya yang digunakan dalam mendesain tampilan program atau untuk memasukan data.
    Form Bab 1   Pengenalan
    Gambar 1.3 Form Designer
  • Code Window
  • Jendela Code adalah bagian dari project yang digunakan untuk mengetikan code – code untuk menjalankan perintah sesuai dengan event nya.
    Code Window Bab 1   Pengenalan
    Gambar 1.4 Code Window
  • Project Explorer
  • Project Explorer adalah tempat daftar/susunan file yang terdapat dalam satu project ataupun beberapa project. Adapun daftar file yang ditampilkan adalah seperti Form, Module, MDIForm, Activex Control dll.
    Project Explorer Bab 1   Pengenalan
    Gambar 1.5 Project Explorer
  • Propertis Window
  • Propertis Windows adalah tempat pengaturan karakteristik object yang terdapat pada visual basic. Pada Jendela propertis ini kita dapat mengatur nama, letak, backround, font, lebar, tinggi objek.
    Propertis Window Bab 1   Pengenalan
    Gambar 1.6 Propertis Window
  • ToolBox
  • ToolBox adalah tempat kumpulan kontrol/objek yang digunakan untuk mendesain Form, seperti : Label, Textbox, ComboBox, Command Button, List Box dll.
    Toolbox Bab 1   Pengenalan
    Gambar 1.7 ToolBox

Tidak ada komentar:

Cari Blog Ini